Set up database Oracle Database 10g XE di Netbeans 6.9

Pada sebuah kesempatan saya ingin membuat aplikasi Java berdatabase menggunakan IDE Netbeans, karena saya mulai ketagihan pake si Netbeans ini, versi yang saya gunakan adalah Netbeans 6.9. Jika kita mencari di Software Center, yang kita temui adalah versi 6.8, untuk melakukan update bisa menambahkan ppa:canonical-pse/netbeans di repositori anda. Namun dengan versi 6.8 sepertinya tidak akan jauh beda dengan yang akan saya jabarkan. Sementara database yang saya gunakan disini adalah Oracle 10g XE, kenapa pakai XE?
karena males nunggu download yang standar edition yang gede banget itu hehehe... untuk mendapatkannya silakan unduh di www.oracle.com, butuh registrasi untuk mengunduhnya. Oke jadi bahan - bahannya sudah jelas ya, pertama kita punya Netbeans 6.9 yang terinstal dengan baik, kedua kita sudah mengunduh Oracle 10g XE dalam bentuk .deb tentunya. Artikel ini saya tuliskan karena menemukan kendala saat ingin mengawinkan si Netbeans dengan Oracle 10g, siapa tau kawan - kawan ada yang mengalami hal serupa. Baiklah kita mulai kasusnya :)

Kita bagi dalam 2 tahap, yang pertama instalasi Oracle Database 10g, dan yang kedua proses pemasangannya bersama Netbeans.

Tahap pertama: Instalasi Oracle Database 10g XE
  1. Install paket Oracle 10g yang sudah kita unduh, udah pada tau dong tinggal jalanin file .deb doang :D
  2. Setelah instalasi selesai, saya bingung kemana tuh hasil instalasinya, kok di menu aplikasi ga ada, tapi kalau di search pakai gnomenu dengan kata kunci "oracle" ada lho :P, terus saya pilih aja Start Database, hmm... yang muncul adalah keterangan bahwa user saya tidak terdaftar pada group dba, bagi yang belum nemu, lokasinya disini usr/lib/oracle/xe/app/oracle/product/10.2.0/server/config/scripts/startdb.sh. Nah kalau keterangan jelas seperti itu kan mudah saja, tinggal kita daftarkan user kita dalam group dba.
  3. Berikutnya saya tetep bingung karena setelah didaftarkan sebagai anggota group dba, Oracle Database masih aja belum bisa jalan, selidik punya selidik ke situs Oracle, ternyata harus ada konfigurasi yang kita lakukan yaitu dengan menjalanakan perintah $ sudo /etc/init.d/oracle-xe configure ,  saat ditanyakan port untuk Oracle Application Express tekan enter saja (default 8080), kemudian dia tanya lagi port untuk database listerner tekan enter juga (default 1521), port ini yang akan menghubungkan aplikasi dengan database nantinya, selanjutnya dia meminta kita memasukan password, silakan masukan password sakarepmu alias terserah :P, terakhir dia menanyakan apakah Oracle Database akan berjalan otomatis bersama sistem start-up, saya jawab tidak.
  4. Konfigurasi sudah beres, waktunya mencoba administrasi database, melalui web browser buka alamat http://localhost:8080/apex . Kemudian masukkan username system dan password sakarepmu yang sudah kita buat sebelumnya.
Jika tahap diatas berhasil, maka saya ucapkan selamat! karena anda telah mendapat pencerahan dan meninggalkan selangkah kebingungan, maka kita mulai kebingungan yang baru, jika belum, coba diperhatikan lagi langkah diatas, siapa tahu ada yang terlewat :D

Screenshot tahap 1:




Kita mulai tahap kedua: Menyambungkan Database dan Netbeans
  1. Persiapkan driver untuk database Oracle, bisa diunduh di situs Oracle langsung (http://www.oracle.com/technetwork/database/enterprise-edition/jdbc-112010-090769.html), filenya berupa ojdbc6.jar.
  2. Jalankan Netbeans, buka window Services (ctrl+F5), disana kita temukan Database, klik kanan, pilih new connection. Ga nemu tulisan database? sama hehehe, saya juga bingung waktu disuruh klik kanan tulisan database (menurut situs Oracle). Ah ternyata plugin databasenya belum terinstal, bagi yang mengalami hal sama, buka Tools -> Plugins, lalu cari plugin Database dan install.
  3. Setelah mendapati Database di window Services, kita buka, dan kita dapatkan Drivers disana, klik kanan pada Drivers dan pilih New Driver, kemudian pilih driver yang sudah kita download sebelumnya.
  4. Terakhir, klik kanan pada Database untuk membuat koneksi baru, isi parameternya sebagai berikut:
    • Driver: Oracle Thin (with SID)
    • Host: localhost atau 127.0.0.1
    • Port: 1521
    • SID: XE
    • User name: system (admin default)
    • Password: sakarepmu (sesuai yg sudah dibuat)
Setelah selesai mengisi koneksi baru, maka dibawah database terdapat koneksi database yang baru saja kita buat, sampai disini, sukses sudah kita pasangkan Oracle Database di Netbeans! Selamat, akhirnya saya terbebas dari satu kebingungan lagi, semoga juga dengan anda :)

Screenshot tahap 2:






1 komentar:

My Lucid Screenshot